Tata kerja atau metode adalah satu cara bagaimana (how) agar sumber-sumber dan
waktu yang tersedia dan amat diperlukan dapat dimanfaatkan dengan tepat
sehingga proses kegiatan manajemen dapat dilaksanakan dengan tepat pula.
Dengan tata kerja yang tepat mengandung arti bahwa proses kegiatan
pencapaian tujuan sudah dilakukan secara ilmiah dan praktis, di samping itu
pemakaian tata kerja yang tepat pada pokoknya ditujukan untuk :
Dengan tata kerja yang tepat mengandung arti bahwa proses kegiatan
pencapaian tujuan sudah dilakukan secara ilmiah dan praktis, di samping itu
pemakaian tata kerja yang tepat pada pokoknya ditujukan untuk :
a. Menghindari terjadinya pemborosan di dalam
pendayagunaan sumber-sumber daya dan waktu yang tersedia
b. Menghindari kemacetan-kemacetan dan
kesimpangsiuran dalam proses
pencapaian tujuan
pencapaian tujuan
c. Menjamin adanya pembagian kerja, waktu dan
koordinasi yang tepat.
Jadi hubungan antara
manajemen, organisasi dan tata kerja dapat dilukiskanseperti di bawah ini.
a) Manajemen : proses kegiatan pencapaian tujuan
melalui kerja sama antar
manusia;
manusia;
b) Organisasi : alat bagi pencapaian tujuan
tersebut dan alat bagi
pengelompokkan kerja sama.
pengelompokkan kerja sama.
c) Tata Kerja : pola cara-cara bagaimana kegiatan
dan kerja sama tersebut
harus dilaksanakan sehingga tujuan tercapai secara efisien.
Manajemen, organisasi dan tata kerja ketiganya diarahkan kepada tercapainya tujuan secara efisien.
harus dilaksanakan sehingga tujuan tercapai secara efisien.
Manajemen, organisasi dan tata kerja ketiganya diarahkan kepada tercapainya tujuan secara efisien.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar