SISTEM INFORMASI PENJUALAN BARANG PADA PT. KALBE FARMA Tbk.
ABSTRAK
Penelitian ini berjudul Sistem Informasi Penjualan
Barang Pada PT. Kalbe Farma Tbk. OTC Purwokerto. Tujuan penelitian adalah untuk
mempelajari sistem yang sedang berjalan khususnya sistem informasi penjualan,
mengetahui kendala-kendala yang terjadi dan menganalisa kelemahan-kelemahan,
yang selanjutnya merancang sistem informasi yang baru, yang diharapkan dapat
mengantisipasi kendala-kendala yang ada sehingga dapat dihasilkan suatu
informasi yang akurat, relevan dan tepat waktu. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa pada sistem yang sedang berjalan terdapat permsalahan 1) Memerlukan waktu
yang lama dalam membuat laporan membuat laporan penjualan secara keseluruhan.
2) Banyak memakan waktu dalam mencari data–data atau arsip– arsip yang
dibutuhkan. 3) Perhitungan hasil penjualan barang sering tidak tepat nilainya.
Sedangkan dengan adanya sistem yang baru maka 1) Pengolahan data lebih cepat
dan akurat sehingga tidak diperlukan waktu, tenaga dan pikiran yang berlebih,
dengan demikian terjadinya kesalahan dalam transaksi dapat diatasi. 2) Proses
pencarian data dan pembuatan laporan lebih cepat dan akurat. 3). Mudah
melakukan perubahan data. 4). Sistem pengarsipan lebih rapi, karena disimpan
dalam media disk. Pada sistem yang baru mempunyai kelemahan : 1). Membutuhkan
biaya operasional yang lebih besar. 2). Memerlukan tenaga ahli dibidang
komputer setidaknya bisa mengoperasikan komputer. 3). Memerlukan biaya
pemeliharaan atau perawatan tersendiri.
Berdasarkan
perbandingan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa : Sistem yang lama
mempunyai banyak kekurangan. Sistem yang baru dapat mengatasi permasalahan dan
kendala–kendala yang ada pada sistem yang lama dengan kelebihan–kelebihan yang
dimiliki oleh sistem yang baru.
PENDAHULUAN
PT.
Kalbe Farma Tbk. OTC Purwokerto adalah salah satu perusahaan yang bergerak
dalam bidang penjualan barang yang saat ini sedang berkembang. Dalam
perkembangannya PT. Kalbe Farma Tbk. OTC Purwokerto memerlukan pengaturan
manajemen yang baik dan sistem penjualan yang baik pula. Adapun sistem
penjualan barang yang ada pada PT. Kalbe Farma Tbk. OTC Purwokerto adalah
sebagai berikut :
1.
Bagian Penjualan menerima Permintaan Barang oleh pembeli
2.
Bagian Penjualan membuatkan Nota Penjualan yang kemudian diberikan kepada
Administrasi Cabang 3. Bagian Penjualan membuat Laporan penjualan dan
menyerahkan ke Administrasi Cabang
4.
Administrasi Cabang menerima Nota Penjualan dan menerima pembayaran dari
pembeli kemudian Nota Penjualan lembar 1 diserahkan kepada pembeli Informasi
yang berkualitas merupakan suatu hal yang sangat penting bagi suatu organisasi,
yang menjadikan informasi sebagai suatu sarana yang mempunyai peranan utama
dalam pengambilan keputuan, sebagai dasar untuk menentukan langkah-langkah yang
akan diambil. Yang dimaksud dengan informasi yang berkualitas adalah informasi
tersebut haruslah akurat (bebas dari kesalahan), tepat pada waktunya dan
relevan (bermanfaat untuk pemakainya).
Sistem
Informasi penjualan barang yang berbasis komputer yang diterapkan pada suatu
toko/perusahaan akan sangat membantu dalam pengolahan datanya, sehingga dapat
menghasilkan informasi yang berkualitas. Pada saat ini sistem penjualan barang
yang diterapkan masih menggunakan cara manual walaupun, sudah memiliki
peralatan komputer. Sehingga dalam pengolahan data penjualan barang PT. Kalbe
Farma Tbk. OTC Purwokerto menemui beberapa permasalahanpermasalahan antara lain
:
1.
Memerlukan waktu yang lama dalam membuat laporan penjualan secara keseluruhan.
2. Banyak memakan waktu dalam mencari
data-data atau arsip-arsip yang dibutuhkan.
3. Perhitungan hasil penjualan barang sering
tidak tepat nilainya.
Adapun penyebab timbulnya hambatan-hambatan
tersebut antara lain adalah:
1. Dalam pembuatan laporan penjualan terlalu
lama disebabkan karena jumlah barang yang begitu banyak.
2. Penanganan data kurang rapi, karena belum
adanya sistem database yang baik, sehingga dalam pencarian data relatif sulit
dan lama.
3.
Perhitungan hasil penjualan barang sering tidak tepat nilainya karena diperiksa
satu persatu secara manual. Mengingat banyaknya jumlah barang yang dijual maka
dalam pembuatan laporan memerlukan waktu yang lama, sedangkan informasi yang
dibutuhkan harus akurat, relevan dan tepat waktu. Oleh sebab itu sangat
diperlukan adanya perubahan dari sistem informasi yang sederhana menuju ke
sistem informasi yang berbasis komputer dan software aplikasi sebagai salah
satu pendukungnya. Tujuan penelitian adalah untuk mempelajari sistem yang
sedang berjalan khususnya sistem informasi penjualan, mengetahui
kendala-kendala yang terjadi dan menganalisa kelemahan-kelemahan, yang
selanjutnya merancang sistem informasi yang baru, yang diharapkan dapat
mengantisipasi kendala-kendala yang ada sehingga dapat dihasilkan suatu
informasi yang akurat, relevan dan tepat waktu.
http://ejournal.amikompurwokerto.ac.id/index.php/telematika/article/view/182
Tidak ada komentar:
Posting Komentar